TAX AMNESTY, PERLUKAH?

Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.(pajak.go.id)

Terus terang ada sesuatu yang mengganjal difikiran saya, ya sangat mengganjal bagaimana bisa seorang warga desa yang pernah nunggak PBB senilai 50 ribu saja saat ngurus keperluan surat di Desa terhambat, harus melunasi terlebih dahulu. Messi sampai didakwa 21 bulan penjara oleh pengadilan Spanyol karena mengemplang pajak sejak bermain di barcelona.  Selain itu, Neymar dan seabreg pesohor diluar negeri pun tak luput dari hukum ketika tidak membayar pajak. Disini… di Indonesia… Pengemplang pajak dengan sengaja dilindungi oleh negara dengan payung hukum tax amnesty yang benar-benar istimewa.

Sebagaimana yang disosialisasikan pemerintah, salah satu tujuan tax amnesty adalah menarik sebanyak banyaknya investasi masuk ke Indonesia. Investasi yang masuk selama ini lebih banyak dinikmati oleh kalangan tertentu dan belum dirasakan secara menyeluruh terutama oleh rakyat lapisan bawah. Pemerintah harusnya mengeluarkan kebijakan yang pro produktifitas dalam negeri, ngapain mendatangkan investor, kalo tetap kita sebagai konsumen. Lagian program produktifitas cenderung dijauhi para pejabat teras. Karena rumit, jelimet, dan belum tentu dapet duit. Investasi jalan termudah dan pasti. setiap pejabat pasti akan bertemu dengan 2 pilihan ini. Antara mendahulukan proses atau hasil. Lagian umur jabatan manusia cuma seumur jagung. Nek gawe program seng bertele-tele kapan mbalik- e hahaha. … selak mati

Tulisan ini banyak terinspirasi dari status teman facebook…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s