The Seven Personalities Of Success

Banyak sekali kerangka menuju kesuksesan. Ibarat pepatah, “Banyak jalan menuju Roma.” Begitupun juga dengan kehidupan keseharian kita. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan yang kita impikan. Akan tetapi, hasil sering kali tidak sesuai dengan harapan yang sudah digantungkan. Apa yang membuat demikian? Jawaban yang jamak kita dengar adalah “hasil itu tergantung pada proses dan nasib” yup itu betul.

Ada banyak contoh yang berkeliaran diantara telinga kita yang mengisahkan kesuksesan berawal dari sebuah kerja keras. Seperti bagaimana seorang Thomas Alfa Edison berhasil menemukan lampu pijar untuk pertama kalinya setelahmengalami ratusan kali kegagalan dalam ekserimennya. Cerita yangbertolak belakang juga banyak sekali disekitar kita. Seperti seorang yang tanpa sengaja memenangkan sebuah undian dan kaya mendadak.

Dari cerita diatas, sedikit membuktikan dua faktor penentu kesuksesan. Yang satu berhasil karena memang proses yang dijalankannya, yang satu meski prosesnya minim tapi nasib mendukung. Sehingga banyak orang yang berputus asa dan menjadikan nasib sebagai alasan dari segala kegagalan yang dialaminya. Kita tidak bisa menggantungkan sebuah kesuksesan hanya pada nasib saja. Meski suka ataupun tidak suka kuasa Tuhan akan menentukan seperti apa hasil yang kita usahakan.

Kata sukses dalam bahasa asalnya yaitu bahasa inggris adalah success. Saat saya mengikuti sebuah pengajian, saya terinspirasi atas isi pengajian yang disampaikan penyaji yang banyak bermain akronim, sehingga saya pun mencoba untuk meng- otak-atik gathuk-kan berbagai kata yang dipantas-pantas untuk menjadi sebuah akronim dari kata success. Akronom dari SUCCESS adalah Sense Of Directing, Understanding, Couridge, Carrity, Estimate, Self Confidence, Self Acceptence. Mari kita telaah satu-persatu.

Sense Of Directing

Adalah adanya sebuah harapan atau mimpi untuk mendapatkan atau mencapai sesuatu. Perlu diketahui, bahwasanya banyak sekali tokoh sampai seniman yang menyatakan bahwa hidup itu diawali dari mimpi. Mimpi merupakan awaldari sebuah ide, cita-cita atau tujuan yang ingin diperoleh.

Understanding

Adalah sebuah pemahaman atau pengetahuan atas apa yang diimpikan. Sehingga nanti mempermudah jalan untuk mencapai tujuan kita. Muhammad pernah berujar dalamsebuah hadits “Apabila kamu menginginkan dunia, maka raihlah dengan ilmu (pengetahuan). Bila kamu menginginkan akhirat, maka raihlah dengan ilmu (pengetahuan). Bila kamu mrnginginkan keduanya (dunia dan akhirat), maka raihlah dengan ilmu (pengetahuan).”

Couridge

Adalah keberanian mengambil sikap. Sebuah perjalanan, seseorangharus menentukan dengan media apa dia berangkat. Apakah dia akan naik pesawat terbang, naik kendaraan pribadi, atau mau jalan kaki. Itu semua harus ditentukan dengan mempertimbangkan efek yang akan diperoleh. Jadi hidup itu adalah perjudian, tergantung dari keputusan yang akan kita ambil. Maka dari itu janganlah terlalu takut dalam mengambil suatu keputusan, tapi ingat jangan juga terlalu gegabah dalam memutuskan sesuatu.

Carrity

Untuk menacapi sebuah kesuksesan, juga diperlukan sebuah kemurahan hati untuk menerima dan memberi.

Estimate

Mempunyai harga diri sangat diperlukan untuk menunjang suatu kesuksesan. Mempunyai harga diri disini bukanlah untuk memandang rendah orang lain, akan tetapi akan menumbuhkan sikap saling menghargai antar sesama.

Self Confidence

Percaya diri merupakan hal yang sangat-sangat penting. Kita tidak akan berkembang apabila kita tidak percaya akan diri kita sendiri.

Self Acceptence

Menerima dirinya sendiri merupakan bahan instrospeksi untuk mengembangkan diri. Sehingga akan di jauhkan dari sifat bebangga diri yang berlebihan.

Itulah sedikit utak atik kata yang mungkin dapat diterima dan mungkin akan membantu membangkitkan gairah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Ingat Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu mau merubahnya, akan tetapi Tuhan juga punya suatu ketetapan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s